Iklan

Tuesday, April 16, 2013

MEMBUKA DAN MEMBERSIHKAN PS2


TIPS MEMBUKA DAN MEMBERSIHKAN PS2

Membuka casing PS2 sih gampang, tapi kalau tidak berhati-hati maka kemungkinan kerusakan fatal bisa terjadi. Untuk itu hal seperti inipun sepertinya perlu ada pengetahuan dasar yang dikuasai, kalau kamu merasa bisa membongkar, maka kamu juga perlu mengetahui apakah kamu bisa memasang kembali!

Kita tidak bisa sembarangan membuka casing PS2 atau membongkar PS2 tanpa ada tujuanya, umumnya para gamer melakukan pembongkaran untuk maintenance dan perbaikan kerusakkan. Tentu saja dengan tujuan agar konsol kesayanganya jadi lebih baik dan konsolnya bisa tahan lama.

Beberapa alasan kenapa gamer ingin membuka PS2 diantaranya adalah bagian dalam PS2 sudah mulai kotor perlu dibersihkan, ada kerusakkan yang perlu diperbaiki dengan jalan harus membongkar PS2, atau bisa juga karena gamer ingin memodifikasi PS2 miliknya agar bisa tampil lebih bagus dan berbeda dengan PS2 yang lainya.

Tetapi ada hal penting yang harus diperhatikan, membongkar atau membuka casing PS2 berarti merusak lebel garansi! Jadi kalau kamu sudah membuka atau membongkar PS2, kamu tidak akan mendapatkan garansi lagi. Jadi pastikan dulu apakah kamu sudah benar-benar yakin ingin membuka sendiri PS2 milikmu!


MEMBUKA DAN MEMBERSIHKAN PS2

Berikut ini tips membuka casing PS2, peralatan yang diperlukan dan langkah-langkah yang harus dilakukan.

Peralatan Yang Diperlukan
Kita tidak bisa membuka casing PS2 tanpa peralatan yang tepat dan berfungsi dengan baik. Dan berikut ini hanya alat yang diperlukan untuk membuka casing saja, sedangkan alat lain untuk melakukan hal lainya akan dijelaskan sebelum tips diberikan.
Untuk membuka casing, membersihkan bagian dalam PS2, dll. Peralatan yang diperlukan diantaranya adalah:
- Obeng plus yang agak panjang
- Satu set obeng kecil
- Cotton Bud
- Koas kecil
- Tissue
- Alkohol, Dll.

Membuka PS2
Catatan: Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuka konsol PS2. Keluarkan CD dari konsol PS2, Matikan power konsol, cabut semua kabel yang terhubung dari konsol (terutama kabel power).

Berikut langkah-langkah membuka casing PS2:
1. Pastikan kamu berada dilingkungan yang bersih, siapkan tempat yang agak lapang disekitar PS2 untuk menyimpan bagian dari PS2 yang sudah dibongkar. Balik PS2 pada posisi bagian bawah berada di atas. Ada beberapa kotak hitam yang harus kamu singkirkan sebelum membuka sekrup. Kamu bisa membuka penutup sekrup ini dengan obeng kecil yang pipih (obeng minus) atau dengan pisau kecil.

2. Kamu memerlukan obeng plus. Buka semua sekrup yang masih menempel di casing PS2. perhatikan posisi sekrup, pastikan posisinya sama saat nanti kamu memasang kembali. Karena ada beberapa sekrup yang lebih panjang dari sekrup lainya, sekrup tersebut harus dipasang pada posisinya semula. Kalau salah pasang dan kamu memaksakan, bahayanya nanti kamu bisa melubangi sirkuit board PS2 dan merusaknya.

3. Saat ini casing PS2 sudah siap untuk dibuka. Seperti biasa kamu menyimpan PS2, posisikan kembali bagian atasnya (balik) dan kamu sudah bisa langsung mengangkat casing bagian atas tanpa harus mengeluarkan tenaga. (pastikan kamu sudah melepas segel garansi dibagian belakang).
HATI-HATI membuka casing atas. Dibagian dalam (depan) ada kabel dan tombol EJECT dan tombol POWER, kalau kamu tarik paksa bisa putus atau rusak!
Tombol EJECT dan tombol POWER agak menghalangi saat kamu membuka casing, copot saja kedua tombol tersebut secara perlahan dari casing saat kamu mengangkat casing. Kalau kedua tombol sudah terpisah dari casing atas, kamu bisa langsung mengangkat casing dan memisahkanya dari tubuh PS2 kamu.


MEMBERSIHKAN LENSA
Membersihkan Laser Optik
Apa yang harus kita lalukan kalau game yang ingin kita mainkan nggak berjalan dengan baik? Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membersihkan lensa optik. Disk tidak berputar, menimbulkan suara bising, dan disk read error bisa disebabkan oleh lensa optik yang kotor atau rusak.

Dibawah ini adalah langkah-langkah membuka PS2 kamu sampai optiknya. Setelah itu kamu bisa melanjutkan dengan pembersihak lensa optik dengan menggunakan alkohol dan cotton bud. Langkah-langkah yang sederhana.

Sambil membersihkan lensa optik, kamu bisa sekaligus membersihkan bagian lainnya di bagian dalam PS2 kamu.

4. Untuk membersihkan lensa, berarti kita fokus ke bagian lensa PS2. Setelah membuka casing bagian atas, kamu bisa melihat penutup optik tepat diatas disk tray. Bentuknya kotak, dan memiliki plastik putih kecil dibagian tengahnya. Untuk membuka penutup lensa, cukup membuka 4 buah sekrup kecil yang berada disetiap ujung penutup tersebut. Simpan sekrup yang sudah kamu buka baik-baik, dan angkat penutup lensa. Dengan demikian sekarang kamu sudah bisa melihat lensa PS2 kamu, kaca kecil berwarna bening yang posisinya tepat dibawah disk tray.

5. sekarang, Bersihkan Lensa! Gunakan cotton bud, teteskan sedikit alkohol diujungnya (jangan sampai terlalu basah). Usapkan perlahan ke mata lensa (searah jarum jam) dan jangan ditekan. Usap perlahan dan jangan terlalu lama, atau jangan sampai cotton bud kering.

6. Kalau sudah selesai, segera pasang kembali semua bagian yang telah kamu buka. Dan langsung coba memainkan salah satu game favoritmu!

Masih belum berhasil? Paling tidak kamu sudah melakukan pembersihan buat mata lensa PS2 kamu dan kamu sudah belajar membuka casing bagian luar (atas). Dan kalau belum berhasil juga, berarti ada beberapa cara lagi yang harus kamu lakukan. Kamu sudah melakukan tahap pertama, dan untuk selanjutnya kamu bisa melakukan perbaikan yang lebih dalam lagi, yaitu melakukan servis optik sendiri. Dan kamu bisa menemukan cara dan langkah-langkahnya dibagian servis optik.

0 comments:

Post a Comment