Iklan

Tuesday, May 14, 2013

Mengatasi dan Memperbaiki Game PS2 Macet pada Hardisk

Mengatasi dan Memperbaiki Game PS2 Macet pada Hardisk

Memainkan Game PS2 melalui Hardisk memang lebih praktis. Tidak seperti saat masih dalam bentuk DVD/CD PS2 yang mudah rusak dan macet apabila ada goresan, game PS2 yang tersimpan di Hardisk lebih awet dan tahan lama. 

Cara penginstalannya-pun tergolong mudah dan cepat. Masalah baru muncul apabila game yang kita instal tidak bisa dibuka atau macet. Biasanya hal ini muncul apabila Hardisk sudah hampir penuh atau tidak memiliki cukup banyak spasi kosong. Bisa juga karena menghapus game yang sudah ada dan menggantinya dengan game baru. 

Nah, untuk itu di sini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki game yang tidak bisa dibuka atau macet tersebut. Pertama-tama kita harus tahu penyebabnya kenapa game yang sudah diinstal tersebut macet?. Penyebabnya adalah karena file game tersebut mengalami fragmentasi data atau susunannya tidak teratur. Lebih jelasnya mengenai data yang terfragmentasi bisa dilihat gambar di bawah ini :

Keterangan : 
- Warna Hijau adalah data yang tidak terfragmentasi, sedangkan
- Warna Merah adalah data yang terfragmentasi.
- Warna Putih adalah spasi kosong pada Hardisk.
Intinya agar data tidak ada yang terfragmentasi kita akan menghilangkan warna yang merah menjadi hijau.

Untuk memperbaikinya akan kita gunakan software AVG Disk Defrag yang merupakan salah satu utility dari AVG PC Tune Up. Software bisa Anda download melalui link yang sudah tersedia di bawah. Tampilannya seperti gambar di atas.

Oke .. kita mulai langkah-langkahnya :
-  Jika akan meng-instal game baru, pertama-tama lihat dulu spasi kosong yang ada di Hardisk dengan cara beri centang pada Hardisk tersebut dan klik Analyze. Apabila tidak tersedia banyak spasi kosong, lebih baik hapus game yang tidak sering terpakai agar tidak banyak data baru yang terfragmentasi nantinya.
-  Instal game PS2 menggunakan USBUtil atau copy iso gamenya untuk yang pakai OPL 0.8.
-  Setelah game baru masuk, Analyze kembali Hardisk-nya.
-  Apabila ada warna merah berarti ada data yang terfragmentasi.
- Untuk menghilangkan warna merah/data fragmentasi klik tombol Defrag, yang secara otomatis akan mengatur dan mencarikan ruang kosong untuk data yang terfragmentasi tersebut. Jika proses defrag tidak jalan, berarti tidak ada cukup ruang/spasi kosong pada Hardisk Anda.
Gambar data yang sudah di-Defrag :
* Warna Biru menunjukkan data yang sudah melalui proses Defragmentasi.
 - Lakukan Analyze sekali lagi pada Hardisk, maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini :
* Tidak ada warna merah, berarti sudah tidak ada data yang terfragmentasi.

Dari pengalaman saya, game-game PS2 yang semula tidak bisa dibuka atau macet kini sudah bisa dan lancar dimainkan. Fungsi lain yang saya pakai adalah untuk mengoptimalisasi Hardisk dengan klik tombol Defrag & Optimize (slower, use once a week), yang berguna untuk mengumpulkan spasi-spasi kosong yang tidak teratur menjadi satu. Tetapi untuk Hardisk berukuran besar dan penuh membutuhkan waktu yang sangat lama. Fungsi lainnya lagi dari AVG Disk Defrag ini adalah bisa melakukan Defrag per-file maupun per-folder.

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan game PS2 yang macet, silahkan mencoba cara ini.
dikutip dari http://buku-internet.blogspot.com/2011/03/mengatasi-dan-memperbaiki-game-ps2.html

43 comments:

makasih ya gan tentang infonya jadi saya main ps ngga macet-macet

JIKA HANYA MUNCUL WALLPAPER SETELAH DIISI GAME, BAGAIMANA CARA MENGATASINYA?
KALAUPUN BISA MUNCUL MENU HANYA 1 GAME YG BISA DIMAINKAN, SETELAH ITU MENU TIDAK MUNCUL LAGI JIKA AKAN GANTI GAME? MOHON PENCERAHAN...GAN....! tHANX

aturdi opl nya auto biar gem baru bisa trer baca

benar sekalii mas ahmad....

game terbaca tapi begitu dipilih untuk dimainkan blank gak bisa jalan gimana solusinya mohon bantuannya

jajal di ulang lagi dari awall cara lo masukin game lo ke hDD

kalau warna abu-abu itu apa gab

unable to load config file
gan help me.
kemarin ane nyoba instal game ke hardisk
via usbutil. cuman kena virus shortcut.
nah ane format aja tuh hd. pas ane
pindahin lagi file2. pas ane colokin ke
mesin psnya. kaga kebaca. dan yg icon
bulet yg ada 4. warna merah jadi tanda
seru semua.
mohon pencerahannya gans

nompang nanya gan, ps 2 hardisk/hdloader saya game-nya gag mau di buka gan,saat game di buka muncul gambar loading, tapi setelah loading di tunggu loadingnya berhenti alias macet,mohon pencerahannya gan?

dody.doenista@gmail.com
pin:74ab6687

gan..gue hardisknya pke memory card micro sd 16gb + cardreader...masalahnya,,pas gue mainkan gamenya tiba2 macet..trus gue analyze dan gaada yg terfragment..
gimana itu gan??

gan,udah gue defrag kok masih fragmented??
dan masih macet??

punyaku kok blank doank ya ..
apa file.nya ngaruh ??

Kalo hbs di isi/di buang gamenya,pasti agak lama loading nya pas sampe wallpaper,jadi kalo pengen loading nya success,jangan pencet apa2 pada saat wallpapernya muncul

Kalo hanya muncul gambar matrix tapi nggak mau masuk ke menu gamenya solusinya bagaimana gan??

Kalo hanya muncul gambar matrix tapi nggak mau masuk ke menu gamenya solusinya bagaimana gan??

Gan,kenapa game bully saya macet setelah meng-aktifkan cheat di layar utama?solusi nya?

gan ni game punya ku ada yang 3 buah terkena virus,, cara mengatasinya bagaimna,, pakai cara seperti du atas sudah dipakai tapi tetap tak bisa,, di format tetap tidak bisa juga,, jadi bagaimna,,?? mohon bantuannya...

Deritanya Sama Cuy
Mungkin Saya Jawab: mending Isi Ulang Gamenya Pada Ahlinya Ps2
Pelit Amat LoL

Sy ada masalah gan dng ps2 sy,awalnya pngen ngehapus game yg di Save di mc,sy tekan R1 beberapa kali dn berhasil,sy hapus data yg korup dan bingung ngembaliin je awal lg,mohon informasi nya gan...

gan gua mau nanya ?kenapa ps 2gua macet ketika main games?yg hardisk FREE MCBOOT.

Itu blom ada file system di fd.

Cara ngatasinya gimana itu punya gue juga gitu

Cara ngatasinya gimana itu punya gue juga gitu

Cara ngatasinya gimana itu punya gue juga gitu

Punya gua gan hardisk opl sering macet lemot , apa kebanyakan game atau hardisknya rusak ? Tolong jawab min ,

Gan hdd ane ga kebaca di ps tpi di laptop kebaca, mohon bantuanya gan?

Sama kita gan ,udah gw defrag gk bisa2 ,

kenapa ya bully saya tidak bisa saat mengaktifkan cheat trus di start tidak muncul

kenapa ya bully saya tidak bisa saat mengaktifkan cheat trus di start tidak muncul

Min itu ps2 saya ketika dimainin pas lgi loading macet terus itu bagaimana,tapi yg loadingnya cepat ngga macet pas lgi enak2 main macet,terus ps2 saya bersuara.pas mau ganti game tiba2 ps2 sya bersuara lgi,bagaimana dibetulinnya!

Kalo gamenya diklik tapi loadingnya lama gimana caranya?

Gan
di aplikasi itu udh oke file nya(warna hijau semua)
tapi begitu saya main kan kok masih macet????

Bingung

Biasanya itu dari game mentahnya (download'annya sebelum di masukin ke hardisk)
Karena tidak semua file.iso itu bagus.. banyak game popular yg saya download dari situs ada yg ga bagus file.isonya..

Mas setelah ngutak-ngayuk setting di PS2. Pas main koq macet mulu di OPL yaa?
/6
___; )
)6

Saya lagi maen we tiba2 ditengah permainan macey.. apakah sama kasus nya.. kalou cara ny di hapus terus diisi ulang bisa ga ya gan...

Sama Kita Gan.
Saran buat aku hapus gamenya isi lagi

Aku pas maen resident evil 4

Bagaimana cara mengatasi ps2hdd lama tapi pas ganti hdd pc cepet wala:pun cuman lambang x x x

Mungkin perlu di riset ulang gan 🙏🙏

game terbaca tapi begitu dipilih untuk dimainkan blank gak bisa jalan gimana solusinya mohon bantuannya

Post a Comment