Iklan

Minggu, 14 April 2013

cara mengatasi laptop yang tiba tiba mati sendiri


Pernahkah laptop atau netbook teman-teman tiba-tiba mati dengan sendirinya?

Kalau pernah kir-kira apa yang menjadi penyebabnya?
Berikut ini akan saya bahas apa yang menyebabkan laptop atau netbook kita tiba-tiba mati sendiri.
Penyebab leptop atau netbook tiba-tiba mati sendiri ada berbagai macam, diantaranya yaitu :
  1. Software terjangkit virus

    Cobalah kita scan dengan anti virus yang ter update, jika kita sudah melakukan scanning ternyata tidak ada virus yang terdetek berarti penyebabnya bukan karena virus.
  2. Kepanasan atau overheat

    Untuk memastikan penyebabnya adalah overheating kita cukup memegang bagian bawah laptop. Jika temperaturnya  sangat panas, maka kemungkinannya adalah overheating. Kipas pendingin biasanya bekerja secara otomatis. yaitu jika telah mencapai temperatur tertentu kipas akan bekerja dan jika sudah cukup dingin kipas akan mati.

    Jika sebelum laptop atau netbook kita mati sendiri mengalami panas yang sangat tinggi (alias panas yang melebihi batas normal), dapat dipastikan laptop atau netbook kita mengalami masalah overheating alias kepanasan, yang dapat kita lakukan adalah :
    • Pergunakanlah bidang datar untuk alas laptop atau netbook
      NO

      YES


      Jangan meletakkan laptop atau netbook di kasur, bantal dan dan sejenisnya yang memiliki permukaan tidak rata ketika laptop atau netbook sedang menyala, hal ini akan mempercepat proses pemanasan dikarenakan sirkulasi panas tidak bisa  berjalan dengan baik , sebaiknya letakkan di meja ataupun lantai yang dingin 
    • Buatlah celah dibagian bawah laptop atau netbook kita

      Menggunakan alas datar memang sedikit mengurangi pemanasan, akan tetapi hal ini masih kurang, apalagi jika kita menggunakan laptop atau netbook dalam waktu yang cukup lama, untuk itu usahakanlah supaya tidak semua permukaan laptop atau netbook kita menyentuh meja, sebisa mungkin ada celah agar tidak ada yang menghalangisirkulasi udara, lebih baik kita gunakan saja cooling pad, harganya juga tidak terlalu mahal karena cooling pad sangat membantu didalam mempercepat proses buang panas yang dihasilkan oleh laptop atau netbook kita
    • Jika ke tiga cara diatas belum juga bisa mengatasi, yang bisa kita lakukan yaitu memeriksa kipas atau rangkaian sensor panasnya kemungkinan ada masalah. Namun biasanya yang terjadi adalah kipas bekerja namun hembusan angin yang keluar sangat kecil sehingga tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Jika hal ini terjadi, ada dua kemungkinan yaitu putaran kipas terlalu pelan atau sirkulasi udara terganggu.

      Untuk mengetahui putaran kipas yang sudah tidak baik adalah dengan mengamati suara dan pola putaran kipas. Kipas yang kondisinya sudah tidak baik suaranya sudah tidak halus dantidak bisa berputar secara lancar. Hal ini bisa terjadi karena kipas memang sudah dalam kondisi yang tidak baik atau mungkin saja kotoran. Yang perlu kita lakukan adalah :
      1. Matikan Laptop atau netbook kita lalu lepaskan power adaptor dan baterai
      2. Bersihkan pada celah-celah lubang yang masuk dan keluar udara 
      3. Bukalah casing dibawah laptop atau netbook dimana sirkulasi udara dari kipas lewat dengan menggunakan obeng.  
      4. Bersihkan kipas laptop atau netbook beserta bagian saluran pendingin jangan sampai lupa juga bagian-bagian lain yang kita rasa kotor dengan menggunakan pembersih yang halu, misalnya kuas. jika kita bisa memasang kembali kipasnya lebih baik sekalian kita buka dan bersihkan.
      5. Pasanglah kembali kipas yang dibuka tadi, jangan lupa juga casing penutupnya, baterainya dan power adaptornya
      6. Sekarang coba Hidupkan kembali Laptop atau netbook, mudah-mudan bisa berhasil.

        Itulah tips untuk mengatasi laptop atau netbook kita yang tiba-tiba mati sendiri.

        Semoga bermanfaat ……

1 komentar:

Poskan Komentar