Modifikasi Motor
Sejak diluncurkan pada 2003, Yamaha Mio sukses memegang pasar matik
nasional dengan peredaran melebihi 700ribu. Awalnya diprediksi jadi ikon
motor perempuan, namun disuka pula tak kurang dari 50 persen kaum
laki-laki. Kemudahan operasional, dimensi kecil serta bentuk yang up to
date jadi kunci sukses matic 113,7 cc ini. Terlepas dari itu semua,
beragam tips harian bisa dilakoni dewe loh. Simak yuk A-Z tips hariannya
:
1. Perpanjangan Umur Pakai V-BELT :Sejatinya V-Belt kudu rutin
diganti setiap pemakaian 15 ribu km, namun nggak jarang sebelum angka
tersebut, V-Belt terpaksa diganti karena udah terkikis atau melar yang
banyak disebabkan oleh kelalaian perawatan. Alangkah lebih bijak jika
kamu rutin membersihkan filter penyaring debu di cover CVT. Hanya dengan
pembersihan bensin, kotoran debu yang sering mengakibatkan V-Belt selip
bisa dihilangkan dengan cepat.
2. Cek Kandungan Oil-Air Box Filter
Karbu : Setiap box filter karbu Mio selalu dilengkapi detektor air dan
oli. Lewat detektor berbahan karet transparan ini, kamu bisa melakukan
pengecekan apakah box filter Karbu Mio kamu dipenuhi oli ataupun air.
Jika jawabannya ya, segera bongkar dan bersihkan box filter karbu. Biaya
& Lama Pengerjaan :Rp. 5 Ribu & 15 menit Perlengkapan :Bensin,
Kunci Sok Ukuran 8
3. Rutin Ganti Oli Transmisi CVT : Di dalam
CVT terdapat pula susunan gigi transmisi. Agar awet dan berfungsi dengan
baik, kamu kudu rutin melakukan penggantian setiap jarak tempuh 10 ribu
km. Ternyata olinya nggak harus oli khusus CVT kok, pake aja oli SAE 40
yang juga digunakan sebagai oli pelumas mesin. hanya sebanyak 100cc.
Biaya | Lama Pengerjaan : Rp. 5-10 Ribu | 45 menit Perlengkapan :
Bensin, Oli, Oben (+) dan Kunci Pas 10
4. Rutin Cek Aki Hindari
Korosi : Aki punya peranan dominan buat mendukung kelistrikan, terutama
penyalaan mesin dengan bantuan starter elektrik. Sering-seringlah
memeriksa kondisi aki. mulai dari ketinggian air hingga kondisi baut +/-
nya. Jika lengah, kutub2 dipenuhi kerak pengundang koros. Jika
terlanjur bersihkan kerak dengan airpanas secara rutin. Biaya | Lama
Pengerjaan : Rp. 5 Ribu | 10 menit Perlengkapan : Obeng (+) dan (-), air
panas, dan kuas
5. Perluas Lubang Irigasi Bagasi : Bagasi Mio
dilengkapi dua buah lubang kecil di pojok-pojoknya. Lubang ini adalah
lubang irigasi yang fungsinya untuk saluran pembuangan air yang terjebak
di bagasi. Agar lebih maksimal, perluas lubang ini dengan bor ukuran
baut 12. Biaya | Lama Pengerjaan : - | 5 menit Perlengkapan : Bor
Listrik
6. Gampang Setel Karbu : Posisi karburator Mio ngumpet
dalam bodi, tepatnya dibawah bagasi yang dikelilingi side body dan under
seat kover. Nah cara praktis untuk perbesar/perkecil putaran RPM lewat
karbu, cukup buka jok lalu buka penutup karet panjang di dasar
bagasinya. Setel karbu lewat lubang itu dengan modal obeng doang. Biaya |
Lama Pengerjaan : - | 5 menit Perlengkapan : Obeng (+)
7. Jaga
Kedap Air Cop Busi :Posisi Busi Mio termasuk sulit dijangkau, selain itu
juga posisinya tepat dibelakang lubang anginunder seat kover. Otomatis
rentan terkena air dari lubang tersebut. Itu sebabnya cop busi dibuat
kedap air dengan dilengkapi bibir karet. Agar lebih oke, jangan ganti
ini dengan sembarang cop, selain itu untuk menjaga kekedapannya, gunakan
bantuan sealer yang dioles mengelilingi bibir cop busi. Biaya | Lama
Pengerjaan : 10 Ribu | 10 menit Perlengkapan : Lem Sealer, Obeng (+)
8.
Selamatkan Nomer Mesin : Nomer Mesin Mio terdapat di dinding atas blok
CVT, namun sayang posisinya tepat di tepi dinding ban. Otomatis area ini
sering ditempa kotoran aik air maupun debu. Agar nggak gampang rusak
terjangkit korosi, segera amankan dengan pelapisan pernis Biaya | Lama
Pengerjaan : 15-25Ribu | 5 menit Perlengkapan : Cat semprot clear, pen
brush atau spray gun, pernis
9. Rawat Kover Plastik Hitam
:Orsi-nya, kover Mio nggak seluruhnya menggunakan plastik berlapis cat.
Beberapa diantaranya menggunakan bahan plastik berwarna hitam seperti
back deck kover, foot board hingga under seat kover. Yang jadi masalah
bagian ini susah dibersihkan apalagi keseringan tergores. Tips ampuh
murah meriah untuk membersihkan sekaligus menghitamkan permukaannya
kembali adalah dengan bantuan semir sepatu. Biaya | Lama Pengerjaan :
5-10 Ribu | 30 menit Perlengkapan : Semir sepatu hitam, sikat semir
sepatu,lap pembersih
10. Usir Berisik Cakram : Terkadang cakram
Mio mengeluarkan bunyi srek-srek yang diikuti seretnya putaran roda. ini
diakibatkan geseran piringan cakram dengan kampas rem. Orsinya separuh
bagian kampas rem disisi piston kaliper diganjal plat. Ganjalan separuh
ini menyebabkan miringnya keping kampas rem akibat luasan dorongan yang
ngga merata dari piston kaliper, lama-lama ketebalan kampas akan berbeda
dan seterusnya kemiringan keping kampas akan menggeser piringan hingga
mengeluarkan bunyi srek-srek. TIPS : Menangkalnya cukup sederhana kok,
yang paling gampang dengan melepas plat pengganjalnya agar permukaan
keping plat-nya rata. Tapi kamu kudu nyetel ulang kalipernya agar
tarikan tuas rem-nya nggak terlalu dalam. Jika ngga pengen repot, penuhi
aja pengganjalnya dengan bantuan tambahan plat tipis yang direkatkan
lem besi.
(sumber Tabloid OTOTREND)
http://kerockan.blogspot.com/2011/04/merawat-motor-yamaha-mio-anda.html
0 comments:
Post a Comment